RSS

Patung Pancoran

23 Dec

Pernah saya berpikir mengenai sebuah patung yang terkenal di Indonesia, yaitu Patung Pancoran orang menyebutnya. Dalam hati saya berkata, apa sih menariknya patung ini? apa sih maksud patung ini? dari segi bentuk saja sudah tidak menarik dan bisa saya katakan bentuknya seram.
Akhirnya munculah rasa penasaran saya terhadap Patung Pancoran. Setelah menemukan sebuah artikal yang membahas mengenai Patung Pancoran, hilang sudah semua pikiran negatif saya mengenai patung ini, cerita pun dimulai.
Sunarso, ya dia adalah pembuat Patung Pancoran. Patung yang menjadi mimpi dari presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno. Patung yang dibuat sebagai fundamen awal terbentuknya ‘Angkatan Udara‘ terkuat di Asia. Kepada Omar Dhani, Bung Karno memesankan agar Angkatan Udara Republik Indonesia dibangun dengan kekuatan raksasa, ia juga menandai di tahun 1970-an nanti adalah abad dirgantara bagi Indonesia untuk melanjutkan peran manusia Indonesia ke depan. Soekarno juga berkata “Jikalau memang Indonesia bisa punya bom atom, ia juga harus bisa mengirimkan astronot-astronotnya ke luar angkasa“. Lalu Bung Karno membangun Patung Dirgantara, yang banyak orang mengenalnya Patung Pancoran.
Bung Karno pernah menulis buku “Dibawah Bendera Revolusi” yang pernah tercatat sebagai satu-satunya buku politik terlaris pada jamannya. Di tahun 1990-an, konon kabarnya Buku Di Bawah Bendera Revolusi cetakan pertama apalagi yang ada tanda tangan Sukarno, bisa dihargai diatas 10 juta. Iklan-iklan baris di tahun 90-an banyak memuat penjualan buku Di Bawah Bendera Revolusi. Bung Karno mendapat banyak royalti fee dari buku ini dan salah satunya bisa buat beli mobil Impala sama mobil Mercedes. Akhirnya mobil itu dilego oleh Bung Karno untuk bangun Patung Pancoran. Saat pembangunan Patung Pancoran berjalan terjadilah peristiwa Gestapu 65, ekonomi morat-marit. Bung Karno tak ingin pembuatan patung ini terbengkalai, ia juga tidak mau pakai uang negara. Lalu ia memanggil pematungnya Sunarso dan mengatakan “Juallah mobilku, selesaikan monumen itu“. Tetapi sejarah berkata lain peristiwa Gestapu  mengakibatkan turunnya Soekarno. Soekarno harus mundur, berikut cita-citanya.
Di masa itu ada yang lain dalam diri Bung Karno, pasca Gestapu 65. Ia banyak merenung sedih. Di lain pihak kelompok pro Suharto menggerogoti kekuasaan pelan-pelan. Soekarno tampak amat pasif, pidato-pidatonya lama kelamaan makin melemah. Ia pun sering duduk di bundaran Pancoran mengawasi pembuatan patung dari pagi sampai sore. Kadang-kadang ditemani ajudannya dengan menggunakan VW kodok, ia berputar-putar Jakarta sebelum akhirnya duduk di proyek Patung Pancoran. Tak lama Soekarno diinternir tentara, dia sakit dan meninggal di tahanan Wisma Yaso.
Saat membawa jenasah Bung Karno ke Halim Perdanakusumah untuk diberangkatkan ke Blitar, di tengah jutaan rakyat menangis di pinggir jalan Gatot Subroto. Mobil ambulance pembawa jenasah seakan berhenti sebentar di depan proyek Patung Pancoran. Sunarso yang sedang menyelesaikan bagian atas patung diam selama 10 menit untuk menghormati orang yang memerintahkan membuat patung. Ia menangis.Soekarno, memberikan semua yang ia miliki pada negara, termasuk hasil keringatnya sendiri. Lukisan-lukisan yang dihadiahkan kepada dirinya diberikan kepada negara sebagai inventaris negara. Dan bagaimana dengan Angkatan Udara kita saat ini? Realitasnya dengan kekuatan Angkatan Udara Singapura aja kita kalah kuat.
Mimpi Sukarno terlalu sering dihancurkan. Itulah cerita di balik Patung Pancoran tersimpan cita-cita Indonesia yang belum terwujud hingga sekarang. Kalau saja negara kita tidak dipimpin oleh orang yang korup dan egois, mungkin cita-cita Bung Karno dan cita-cita Indonesia saat ini sudah terwujud yaitu Patung Pancoran menjadi patung kebanggaan Indonesia dan dikenal di dunia karena patung inilah gerbang pintu masuk Indonesia menjadi negara maju dan kuat. Tapi sekarang ini hanyalah sebuah mimpi yang masih dalam proses perwujudannya, entah sampai kapan bangsa ini mewujudkannya.
 
4 Comments

Posted by on December 23, 2011 in Pengetahuan Umum

 

4 responses to “Patung Pancoran

  1. las artes

    December 26, 2011 at 6:01 pm

    Sosok patung Dirgantara yang sekarang dikenal sebagai patung Pancoran masih meninggalkan seribu tanya. Seperti posisi tangan patung Pancoran yang menghadap Utara, mengapa tidak ke Selatan, atau Timur maupun Barat. Atau, mengapa tangan itu tidak mengarah ke Istana ? Semua pertanyaan itu belum terjawab, hingga saat ini. Pertanyaan kian meruncing, khususnya bagi kalangan muda yang hanya mengetahui dari sejarah atau cerita tentang patung Pancoran. Patung gagah bersejarah itu terbuat dari perunggu dengan berat 11 ton dan tingginya 11 meter, berdiri diatas beton setinggi 27 meter dengan posisi landasan yang berbentuk lengkungan. Awalnya disebut patung Dirgantara. Namun, karena letaknya di daerah Pancoran, kemudian berkembang dan disebut menjadi patung Pancoran. Dirancang oleh Edhi Sunarso, dibuat oleh seniman keluarga Arca dari Yogyakarta, dan diawasi langsung oleh Presiden Soekarno sendiri, patung ini selesai dibangun dalam dua tahun (1964-1965).Bahkan, disebut biaya pembuatan patung Pancoran berasal dari uang pribadi Presiden Soekarno hingga menjual sebuah mobil milik pribadinya. Cerita tentang patung pancoran pun terus mengalir hingga saat ini. Beberapa kisah menarik diantaranya, tentang misteri acungan tangan patung pancoran yang menunjuk ke arah pelabuhan Sunda Kelapa. Karena, dipercaya sebagai jantung peradaban bangsa Indonesia selama di jajah Belanda. Bahkan, ada juga cerita lain menyebutkan bahwa patung Pancoran menunjuk sebuah lokasi, yang dijadikan tempat menyimpan harta karun Presiden Soekarno yang nilainya sangat besar dan dapat melunasi hutang negara Indonesia.

     
    • chikonews

      December 27, 2011 at 2:54 pm

      wah makin banyak saja cerita n sejarah patung pancoran, terima kasih atas infonya mas

       
  2. Bella

    October 16, 2012 at 3:36 am

    sumber artikelnya dari mana ya, btw?

     
    • chikonews

      October 16, 2012 at 10:19 am

      sebagian ada yang saya temui lewat blog orang, sebagian lagi ada yang dari facebook orang. Lupa saya, soalnya waktu itu saya juga baca2 banyak sumber

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: