RSS

Hindarkan Patung dan Gambar Makhluk Bernyawa d Sekitar Kita

20 Jul

Muhammad saw mengatakan, “Orang yang paling hebat siksaannya di hari kiamat adalah orang-orang yang menggambar gambar-gambar (seperti ini).” Yaitu gambar dan patung makhluk-makhluk bernyawa. Nabi juga mengatakan, “Malaikat tidak mau masuk ke dalam rumah yang di situ terdapat patung (atau gambar-gambar).” Sekali waktu Jibril a.s tidak mau masuk ke rumah Nabi yang tidak tahu siapa meletakkannya di depan pintu rumah beliau. Hari berikutnya, Jibril tetap tidak mau masuk ke dalam rumah Nabi saw, sambil berkata, “Mintalah seseorang untuk memotong kepalanya, sehingga bentuknya menjadi seperti tunggul pohon.

Foto atau gambar pun sama saja. Benda tersebut menarik perhatian setan untuk datang. Karena itu tidak dianjurkan untuk ditempel di dinding dan diletakkan secara terbuka. Kalau berupa gamabar di majalah atau buku, maka balikkan, sehingga gambarnya tidak terlihat. Foto sendiri untuk kaum Muslim diperbolehkan hanya untuk keperluan darurat semata, dan sesudah itu balikkan atau tutupi bagian atasnnya.

Jadi dapat kita simpulkan pertama, patung dan gambar makhluk bernyawa menarik setan untuk bertengger, kedua karena setan bertengger  di benda tersebut maka Malaikat tidak akan mau masuk ke rumah kita.

catatan: Malaikat tidak mau masuk bukan karena takut dg setan, tetapi karena tidak mau masuk ke tempat yang jelas2 ada setannya di sana.

 
Leave a comment

Posted by on July 20, 2010 in Religi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: